Mod Mount & Blade II Menggunakan ChatGPT Untuk Prosedur Generate Dialog

author Marshanda | Sabtu, 18 Februari 2023

news

Percakapan seputar ChatGPT berpusat pada search engines dan penulisan otomatis. Namun, seorang modder baru-baru ini merilis bukti konsep untuk menggunakan teks AI generatif dalam video game. Tes awal POC menunjukkan bahwa sistem tersebut memiliki kekurangan, tetapi menyajikan gagasan bahwa sistem tersebut dapat digunakan untuk game tertentu.


Bulan lalu, video dari modder Bloc memperkenalkan mod yang menggunakan ChatGPT untuk membuat dialog dinamis di game Mount & Blade II: Bannerlord. Dengan menggantikan dialog default judul agar pemain mengetik query dan merespons NPC, yang kemudian bereaksi dengan tepat. Sistem ini bisa menjadi peningkatan yang bagus untuk interaksi karakter RPG yang sudah lancar.


Image Credit: canadatoday,news


Bagi mereka yang tidak terbiasa, karakter di Mount & Blade memberikan informasi kepada pemain berdasarkan keadaan dunia game yang sebagian besar tidak memiliki naskah. Mereka berbicara tentang karakter lain yang ada di sekitar, faksi yang dikendalikan AI mana yang sedang berperang, dan seterusnya. Mod Bloc mencoba mengembangkan aspek dinamis dari Mount & Blade.


Video tersebut menampilkan seorang pemain berkomunikasi dengan berbagai karakter menggunakan ketikkan pertanyaan tentang identitas, profesi, dan lingkungan sekitarnya. Pada satu titik, seorang pandai besi memberikan penjelasan yang dihasilkan secara prosedural tentang layanannya, termasuk harga dan berapa lama komisi berdasarkan bahan yang digunakan. Demonstrasi lain menunjukkan pemain menawar harga dengan petani dan tentara bayaran, dan demonstrasi lainnya menunjukkan seorang penyair sedang menulis puisi.


Bloc mengatakan modnya menggabungkan ChatGPT dengan mesin cerita khusus yang tampaknya menghasilkan nama dan riwayat untuk NPC minor yang tidak ditulis oleh pengembang Mount & Blade, TaleWorlds Entertainment. Karakter yang biasanya memiliki satu paragraf dialog sekarang menceritakan kisah hidup mereka tergantung pada subjek yang disebutkan pemain.


Image Credit: www.reddit.com


Masalah terbesar mod dalam kondisi saat ini adalah respons AI membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dimasukkan. Selain itu, sebagian besar dialog terdengar seperti robot, seperti respons kueri ChatGPT pada umumnya. Ada beberapa variasi dalam cara karakter berbicara, tetapi versi mod yang akan datang dapat menambahkan lebih banyak kepribadian.


AI generatif mungkin tidak cocok untuk semua jenis game. Cerita bernaskah dari penulis profesional akan lebih baik untuk sebagian besar genre di masa mendatang. Namun, ide di balik mod ini sangat cocok untuk gameplay sandbox Mount & Blade. Game berdasarkan peristiwa dinamis tanpa alur cerita, seperti simulasi strategi atau termanajemen, pada akhirnya dapat memanfaatkan teks AI generatif.

news

Of the Author

Marshanda

Anda mungkin juga tertarik

news Games

Capcom mengumumkan Monster Hunter Wilds untuk tahun 2025

Marshanda | Senin, 25 Desember 2023

news Games

Jurassic Park: Survival petualangan single-player, bersembunyi dari dinosaurus yang mengancam

Marshanda | Minggu, 24 Desember 2023

news Games

Update No Man's Sky Fractal Menghadirkan PS VR2 Dengan Petualangan Baru, Peningkatan Visual dan Lainnya

Marshanda | Selasa, 28 Februari 2023