DirectStorage Hadir untuk Windows PC Games, Bikin Performa Makin Cepat
Akmal Choiron | Kamis, 7 April 2022

Direct Storage yang telah diterapkan pada konsol game Xbox Series X memberikan kemajuan teknologi yang begitu besar pada dunia gaming. Melihat potensi perkembangan dan kemajuan yang ditawarkan oleh Direct Storage ini, kini fitur tersebut juga telah dihadirkan pada PC gaming.
Microsoft telah mengumumkan dalam sebuah posting blog resminya bahwa DirectStorage API Xbox sekarang tersedia di PC, tetapi mungkin perlu beberapa saat sampai para pemain bisa mendapatkan game PC yang benar-benar menggunakan teknologi tersebut, sebagaimana dikutip dari posting blog resmi dari Microsoft.
Teknologi DirectStorage milik Microsoft ini diketahui dapat memangkas waktu pemuatan game dan memberi developer game potensi besar untuk membangun dunia game yang lebih detail, dengan mengalirkan data langsung dari NVMe solid state drive ke GPU, tanpa perlu melalui proses dekompresasi pada CPU terlebih dahulu.
API Direct Storage Microsoft juga berjanji untuk mempercepat waktu pemuatan game, baik di Xbox Series X/S dan di PC Windows (di mana Microsoft baru-baru ini keluar dari fase pratinjau pengembang). Salah satu game pertama yang menunjukkan keunggulan DirectStorage di PC adalah Forspoken dari Square Enix, yang ditunjukkan oleh direktur teknis Luminous Productions, Teppei Ono, di GDC pada akhir Maret 2022 lalu. Seperti sebagaimana yang diungkapkan, Teppei Ono mengatakan bahwa dengan NVMe SSD dan dukungan DirectStorage yang cepat, beberapa adegan di Forspoken dapat dimuat hanya dalam waktu satu detik. Hal ini tentu saja merupakan peningkatan dari waktu pemuatan CD dan DVD sebelumnya.
Namun, sebagai demonstrasi Direct Storage, perlu diketahui bahwa game Forspoken adalah game kombinasi. Di satu sisi, contoh yang dipamerkan Teppei Ono dengan jelas menunjukkan Direct Storage memuat adegan lebih cepat pada perangkat keras yang sama, dibandingkan dengan Win32 API lama. Hal ini membuat proses loading memakan waktu dari yang sebelumnya 2,6 detik menjadi 2,2 detik dalam satu adegan, dan dari 2,4 detik menjadi 1,9 detik di adegan lain.
Image credit: Ars Technica
Forspoken menunjukkan peningkatan kinerja pada SSD berbasis SATA yang lebih lama juga, meskipun dipasarkan sebagai fitur yang terutama akan menguntungkan drive NVMeΓÇöturun dari 5,0 menjadi 4,6 detik dalam satu adegan, dan dari 4,1 menjadi 3,4 detik di adegan lain. Peningkatan kecepatan untuk SSD SATA telah dibatasi selama lebih dari satu dekade sekarang karena interface dari SATA itu sendiri (bukan pengontrol SSD atau chip flash NAND) telah menahannya. Jadi, peningkatan yang dihadirkan pada segala jenis device yang dapat terukur pada drive tersebut juga patut diperhatikan sebagai salah satu faktor yang berpengaruh.
Sementara Direct Storage untuk PC pertama kali disebut-sebut sebagai manfaat bagi para gamer yang berpikir untuk melakukan upgrade ke Windows 11, posting blog resmi terbaru dari Microsoft juga menyatakan bahwa Direct Storage sebenarnya akan lebih kompatibel dengan Windows 10. Meskipun Microsoft masih sangat merekomendasikan versi terbaru Windows untuk pengguna yang tertarik untuk menginstallnya. Unggahan resmi dari Microsoft tersebut bahkan mengatakan bahwa gamer tidak perlu menginstal NVMe SSD untuk melihat peningkatan dari Direct Storage, tetapi "menginstal game ke NVMe SSD akan memaksimalkan kinerja IO yang kamu miliki dan membantu para gamers lebih merasakan manfaat Direct Storage."
Demo Forspoken akhirnya menunjukkan bahwa kecepatan penyimpanan yang akan digunakan masih lebih banyak berkaitan dengan seberapa cepat game milik para gamers dapat dimuat daripada Direct Storage. Satu adegan yang memuat 24,6 detik menggunakan Direct Storage pada HDD hanya membutuhkan 4,6 detik untuk dimuat pada SSD SATA dan 2,2 detik untuk dimuat pada NVMe SSD. Itu adalah gap yang jauh lebih besar daripada yang ditujunkkan oleh perbedaan penggunaan Win32 dan Direct Storage yang berjalan pada perangkat keras yang sama.
Perlu diperhatikan juga bahwa demo ini hanyalah dilakukan pada satu permainan, dan pendapat kami mungkin penggunaan Direct Storage ini perlu melihat hasil yang lebih luas jika digunakan pada beberapa jenis game. Karena lebih banyak pengembang menerapkan DirectStorage dalam games besutan mereka dan karena Microsoft meningkatkan teknologinya, kami pun berharap banyak dari penggunaan Direct Storage ini.
Pengembangan ini juga dapat menghilangkan hambatan terkait CPU lainnya, termasuk memindahkan dekompresi aset dari CPU ke GPU, yang dapat meningkatkan keunggulan kinerja Direct Storage lebih jauh lagi. Dekompresi GPU belum didukung di DirectStorage versi PC, tetapi Microsoft mengklaim bahwa fitur tersebut "berikutnya dalam peta jalan kami." Demo ini juga tidak membahas kemungkinan manfaat lain dari DirectStorage, termasuk streaming aset yang berkelanjutan di game dunia terbuka
Sayangnya untuk gamer yang ingin memanfaatkan DirectStorage, rilis API berarti pengembang baru sekarang mendapatkan teknologinya, jadi masih akan lama sebelum kita melihatnya diimplementasikan secara luas di game PC. Microsoft menambahkan dalam posting blog bahwa itu akan menghadirkan intro DirectStorage di GDC tahun ini, jadi mungkin banyak pengembang tidak akan mulai bekerja dengan teknologi sampai setelah acara industri.
Game PC pertama yang menggunakan teknologi DirectStorage adalah Forspoken, yang akan digunakan sebagai showcase untuk teknologi tersebut di GDC tahun ini. Sayangnya, game tersebut baru saja ditunda, dengan pengembang yang mengumumkan sebelumnya pada bulan Maret bahwa Forspoken sekarang tidak akan dirilis hingga 11 Oktober 2022.

Of the Author
Akmal Choiron
Anda mungkin juga tertarik

AMD Konfirmasi Kerentanannya yang Terungkap dalam Pembaruan BIOS Beta
Marshanda | Rabu, 29 Januari 2025

OpenAI Khawatir AI Ciptakan Ikatan Emosional Dengan Pengguna
Marshanda | Kamis, 22 Agustus 2024

SpaceX Berhasil Menunjukkan Panggilan Video Antar Telepon Starlink Tanpa Perangkat Keras
Marshanda | Senin, 17 Juni 2024